Selasa, 28 Februari 2012

Arem-arem Ayam Kemangi




Ini postingan kedua arem2.
Ceritanya mau laporan sekalian setor untuk lontong week, bingung juga mau setor apa karena banyak sekali pilihan yang mau dicoba. Untuk kali ini yang sederhana dulu, arem-arem ayam kemangi. Saya pilih arem2 karena praktis banget, sekalian bikin untuk buka puasa.
Untuk bikin nasinya, langsung saya bikin di rice cooker, lebih praktis, cepet , ngirit nyuci banyak panci (ketauan pemalasnya:) senang). Setau saya, sejak kecil kalau makan arem2 di daerah asal saya (Solo) pasti isinya sambel goreng hati, kali ini saya ubah sedikit, karena suami saya seneng oseng2 ayam kemangi maka saya pakai untuk isian arem2. Hasilnya enak banget ada wangi2nya kemangi, dan karena dibungkus juga dengan telur dadar tipis, rasanya jadi komplit deh....
Biar lebih cepet dan sama besar saya cetak pakai cetakan lemper, 1 resep yang saya buat kemarin jadi 16 bungkus.


Berikut ini Resepnya:

Arem2 Ayam Kemangi
by Asti Retno K

Bahan dan cara membuatnya:


Nasi:
300 gr beras
1 sdt garam (tergantung selera ya...)
2 lbr daun salam
+ 750ml santan

Cuci bersih beras, masukkan dalam rice cooker, tuangi 700 ml santan, masukkan garam dan daun salam aduk, nyalakan rice cooker. Kalau sudah masak ternyata masih keras nasinya bisa ditambahkan santan, sambil diaduk2 cicipin sudah pas belum asinnya. Diamkan sebentar siap diisi.


Isi Ayam Kemangi:
250 gr daging ayam, rebus sebentar suwir2
5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
5 buah cabe merah (kalau seneng pedes bisa ditambah cabe rawit)
2 sdm kecap manis
1 ikat kecil daun kemangi (ambil daunnya saja)
1 sdt gula pasir
sedikit garam
Cara membuatnya mudah banget, giling cabe, bawang merah, bawang putih. Tumis bumbu giling samapai harum, masukkan ayam suwir aduk rata tambahkan gula, garam dan kecap beri sedikit air biar bumbu meresap aduk sampai agak kering terakhir masukkan daun kemangi.

pelengkap:
4 butir telur didadar tipis, kemarin saya pakai wajan dadar yang kotak, setiap satu helai dibagi 2

Daun pisang secukupnya untuk membungkus.
Penyelesaian: Masukkan nasi kedalam cetakan lemper, beri isian lalu ditutup nasi lagi, padatkan. Lilit dengan dadar tipis baru dibungkus daun, kukus.

Selamat mencoba. Enak untuk bekal piknik. eh.... jadi inget jaman dulu setipa kali mau pergi jauh, malam sebelumnya Ibu saya selalu membuat arem2 ini untuk bekal.


Tidak ada komentar: