Jumat, 10 April 2009

Brownies Kukus



Besok pagi rencana kami akan belanja ke Bontang. Kok jauh banget ya belanjanya, mungkin itu pikiran teman2. Alasannya memang belanja tapi sebetulnya mau jalan2 aja, sudah lama terkungkung di Sangatta. Beberapa bulan ini Jalan Sangatta-Bontang rusak berat, suami saya males jalan ke sana. Kemarin dapat info kalau jalan sudah diperbaiki maka kami akan mencoba jalan baru. Mudah2an info itu betul, kalau enggak ya sudah nasib kita terguncang2 di kendaraan.

Rencana kan besok pagi2 sekali, makanya malam ini aku putar otak enaknya bikin apa ya untuk mengganjal perut besok pagi. Setelah melihat persediaan bahan akhirnya bikin yang mudah aja tapi yummy favorit keluarga kami yaitu brownies kukus. Kalau kepengin tau ini resepnya.Resep ini hasil modifikasi dari berbagai sumber.

Brownies kukus
Bahan:
4 butir telur
175 gr gula pasir
100 gr terigu
25 gr coklat bubuk
1 sdt emulsifier (aku pakai SP)
1/2 sdt baking powder
100 cc minyak goreng
75 gr dark cooking coklat di tim
meses coklat secukupnya
toping sesuka hati

Cara membuat
telur dan gula dikocok sampai kental, tambahkan Sp, masukkan terigu yang sudah dicampur dengan baking pow dan coklat bubuk. Aduk sampai rata, terakhir masukkan coklat leleh dan minyak goreng. Tuang setengah adonan dalam loyang 20X20cm kukus selama 10 menit, taburi meses lalu tuang sisa adonan kukus sampai matang.
Dinginkan lalu beri toping sesuka hati misalnya keju parut, coklat putih atau coklat ganache.



Coba deh, rasanya enak sekali nyoklat banget tapi nggak pahit, coklat bubuknya aku pakai bendrops, pakai vanhouten juga bisa.

Tidak ada komentar: