Minggu, 26 April 2009

Sus Pisang



Mungkin banyak yang penasaran ya baca judulnya, apa ini kok aneh. Biasanya sus kan isinya vla, coklat ganache, rougut ayam, buah kok ini pisang. Kebetulan sus ini kreasi kakak saya, dengan berbagai uji coba sampai bisa menemukan formula yang tepat.
Rasanya enak, tidak membosankan dan tidak neg. Syarat utamanya pisangnya harus betul2 tua, kita harus hati2 milih pisang di pasar karena kelihatannya aja kuning kecoklatan tapi ternyata sebenarnya pisang muda yang disemprot cairan tertentu (kalau dulu istilahnya di karbit) membuat dia cepat matang dan kelihatan tua. Dulu saya nggak bisa milih pisang yang tua (masak pohon) setelah melalui jalan yang berliku alhamdulillah sekarang bisa milih. yang kita lihat pertama bentuknya pisang raja yang tua kulitnya tipis, buahnya gemuk (montok), warnanya keemasan. Kalau yang muda kebalikannya walaupun sama2 kuning tapi buahnya kurus dan kulitnya kelihatan tebal. Di sangatta ini penjual pisang asal aja, pisang masih muda2 dibilang tua kalau kita kukus ataupun goreng rasanya sepet sekali. Kalau sudah dikukus warnya menjadi coklat ke unguan bisa dipastikan pisangnya muda.
Saya pernah mempunyai pengalaman. Saat itu ada pesanan sus pisang yang lumayan banyak dan mendadak. Biasanya saya nggak bersedia kalau dadakan karena harus milih pisang yang bagus dulu. Karena pelanggan mendesak saya oke in aja. Langsung belanja dan yakin betul kalau pisangnya tua karena kulitnya sudah keiteman. Setelah di kukus dan mau dihalusin saya langsung lemes karena warna pisangnya keunguan waduh pasti sepet ini. Betul saja pisangnya sangat sepet, ditambahi gula bersendok-sendok tetap aja rasanya sepet. Padahal sudah malam dan pesanan itu diambil subuh2, terpaksalah saya merengek ke suami suapaya mau nganter keliling pasar untuk beli pisang lagi. Semalam nggak tidur nyelesein pesanan itu.
Setelah kejadian itu saya jadi hati2 kalau milih pisang dan nggak mau terima order dadakan suspisang. Memang pengalaman adalah guru yang terbaik. Kalau ingin melihat resepnya ada di "asti's recipe" silahkan mencoba pasti ketagihan. Monggo.

Tidak ada komentar: